Saturday, January 5, 2013

Kesenangan dan Kemuliaan Hidup di Puncak Penulisan


Di Bukit Penulisan, Desa SuKawana, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli Terdapat sebuah pura yang indah yang yang sering disebut Pura Puncak Penulisan. Pura ini letaknya di Puncak Bukit Penulisan. Pura Puncak Penulisan dimasukkan kedalam cagar budaya, berhubung banyaknya peninggalan pada zaman megaliticum yang ditemukan disana. Pura ini juga sering disebut dengan Pura Tegeh Koripan.

Tiba-tiba timbul dalam pikiran untuk mengulas kata-kata yang ada disana. Pasti leluhur terdahulu tidak sekedar membuat nama, dan mungkin ada yang ingin disampaikan lewat pesan-pesan yang tersembunyi, yang mengharuskan penerusnya untuk menterjemahkan.

Kenapa Pura Tegeh Koripan ini berada di Desa Sukawana, pasti ini ada sebab musababnya. SukaWana berasal dari kata "suka" dan "wana", "suka"= suka, kesenangan, sedangkan "wana" berarti Keinginan. Dapat ditafsirkan sebagai keinginan yang senang atau keinginan akan hidup yang senang.

Sedangkan Tegeh Koripan dapat di artikan : "tegeh" = tinggi, "koripan"= kehidupan. Jadi Tegeh koripan dapat diartikan kehidupan yang tinggi, kehidupan yang mulia.

Pelajaran yang hendak disampaikan disini adalah pemenuhan kehidupan materi terlebih dahulu sehingga dapat hidup dengan senang (kebahagian didunia), selanjutkan perlahan lahan meningkat seperti menaiki anak tangga yang berada di Pura Tegeh koripan ini menuju ke kehidupan yang tinggi/kehidupan yang mulia.

Dihubungkan dengan Puncak Penulisan, Penulisan yang berasal dari kata "Tolih" yang artinya melihat, dimaksudkan ketika sudah mencapai dipuncak akan dapat melihat dan menyadari tentang kesenangan dunia dan kemuliaan hidup.

Dan tentu saja hasil perenungan akan kesadaran ini merupakan permata pikiran. Karena Kintamani ini sendiri berarti permata pikiran.




No comments:

Post a Comment