Friday, December 27, 2019

Pendaki Pemula Di Gunung Catur Bali 2096 MDPL

Hai Sahabat Pendaki..
Entah kenapa pingin mendaki gunung..jadi bingung milih gunung yang cocok bagi pemula, agak gendut dan tentunya sudah berumur.
akhirnya pilihan jatuh pada Gunung Catur..Soo mesti tanya -tanya dulu dan cek lokasi Base Camp sebagai titik start mendaki.
Lokasi Base Campnya berbentuk segi empat merupakan lahan parkir, kira kira dapat menampung 10 mobil plus puluhan motor.  Merupakan start point yang paling nyaman yang lokasinya berada kira kira 2 Km menanjak dari Pura Penataran Pucak Mangu Banjar/Dusun Tinggan, Desa Pelaga Kecamatan Petang Kabupaten Badung Bali.



Awal Treknya landai sehingga tidak membuat terkejut dan kira kira memerlukan waktu 3 jam untuk sampai di Puncak, yang dikenal dengan nama Pucak Mangu.
Agar selamat dalam perjalanan hendaknya mengikuti beberapa aturan gunung disini seperti : tidak membawa daging babi dan sapi ke atas gunung. Selain itu menjaga perkataan dan tindakan, intinya jadilah tamu yang baik.Dan Yang paling Penting Jangan meninggalkan apapun di Gunung. Sampah wajib hukumnya dibawa turun sebagai bentuk rasa cinta untuk menjaga dan merawat alam. Saran terakhir siapkan fisik agar fit serta makanan dan minuman (logistik) berhubung disini tidak ada warung  serta khabar baiknya mendaki disini gratis alias tidak dikenakan biaya masuk.


Sebelum sampai puncak kita akan menjumpai pura beji , Lokasi ini lebih dikenal dengan Pos 3 dengan sumber mata air pegunungan yang segar. Kadang kadang dari titik start kalau berjodoh sering dipandu oleh anjing yang ada disana untuk muncak jadi ada guide yang berpengalaman.

Gunung Catur ini berada di tengah tengah pulau Bali, jadi dari sini akan terlihat jajaran gunung yang ada dipulau Bali baik yang berada dibelahan barat maupun belahan timur ditambah pemandangan 2 danau yang indah yaitu Danau Bratan dan Danau Tamblingan.


Agar badan tetap hangat tidak lupa saya membawa Healing Oil Vayu Prana kesukaanku yang sangat pas untuk teman mendaki.

Supaya tempat ini bersih,  agenda bersih bersih tidak dilupakan dengan membawa kantong sampah.




Dan Kantung Sampah siap dibawa turun gunung.
Mungkin ada yang ini mengejar sunrise , keindahan pagi di Puncak Mangu dengan merdunya kicauan suara burung yang beraneka ragam dan kadang-kadang ditemani monyet-monyetyang berjemur dipepohonan. Untuk mendapatkan sunrise yang bagus nanjak dapat dimulai  jam 3 pagi dari titik start jika suka tektok (nanjak,  muncak dan kemudian turun gunung)   atau dapat juga ngecamp di puncak bagi yang suka menginap.






Untuk selengkapnya dapat di tonton vidionya:

Ok..Sampai Jumpa di Cerita Selanjutnya..Salam Mendaki.



2 comments: