Friday, November 9, 2012

Panah - Panah yang Patah (Broken Arrows)

Berpikir merupakan hal yang umum dilakukan untuk mencari / menggali sumber gagasan dan sering digambarkan dalam bentuk  visual hayalan yang kelak akan berwujud didalam dunia nyata.

Kegiatan berpikir merupakan hal yang menyenangkan untuk dilakukan apabila dapat disertai dengan visual hayalan sebagai gambarnya, seakan-akan hal tersebut sedang terjadi.

Dalam budaya hindu, pikiran disebut dengan manah yang didalam visual yoga disimbolkan dengan orang memanah. Idea atau gagasan yang hendak diwujudkan digambarkan sebagai anak panah yang melesat menuju sasaran.

Tidak Semua panah yang dibidikkan tepat mengenai sasaran. Adalah kalanya sudah jatuh ketanah sebelum mengenai sasaran akibat daya rentang busur yang kurang kuat, ada yang melenceng dari sasaran akibat kurang konsentrasi/ kurang fokus dan ada juga  panah ditengah jalan yang patah akibat bertabrakkan dengan panah - panah  musuh.

Begitupula dengan ide atau gagasan tidak selamanya semuanya dapat terwujud dan menjadi sukses.  Banyak yang menemui kegagalan sebagai akibat daya dukung  mewujudkan ide tersebut kurang, kurangnya semangat dengan ide / gagasan yang ada, tidak ada keinginan secara sungguh-sungguh untuk mewujudkan gagasan, dan yang paling banyak ditemui tidak adanya keberanian mempertahankan gagasan sehingga ketika ada yang mengkritik gagasan tersebut maka gagasan tersebut langsung hancur layaknya seperti panah-panah yang patah sebelum mencapai target.

Rentangkan Gendewa/ Busur dengan optimal, fokus dan lepaskan anak panah hingga tepat mengenai sasaran...dan jangan sampai musuh mematahkan anak panahmu!!

Don't Be Broken Arrows with your idea, because broken arrows make you so lonely!

No comments:

Post a Comment