Saturday, October 27, 2012

7 Perubahan Perilaku Sebagian Orang Bali Akibat Bunga Kamboja

Tren bunga kamboja yang terjadi belakangan ini, khusunya bunga kamboja kering yang harganya melesat  naik yang sekarang berkisar antara 110 ribuan dan kadang lebih , ternyata membawa dampat terhadap perubahan perilaku sebagian masyarakat yang terlibat didalamnya.
Beberapa perubahan perilaku yang dijumpai dimasyarakat akibat kenaikan harga kamboja kering.

1. Bangun Pagi
   Masyarakat sekarang yang tidak terbiasa bangun pagi menjadi bangun pagi untuk mencari/memungut bunga kamboja yang jatuh dipinggir jalan, taman-taman  yang biasanya banyak ditanami pohon kamboja atau didepan pekarangan.

2. Begadang
   Bagi sebagian orang, ada yang rela begadang untuk mencari bunga kamboja yang jatuh dipinggir jalan atau taman taman agar mendapatkan bunga kamboja terlebih dahulu.

3. Banyak Pemulung Bunga Kamboja.
Kebanyakan orang dari anak-anak sampai nenek jika menemukan sebuah bunga kamboja dijalanan pasti dipungut. Petugas kebersihan sampai tidak ada kesempatan membersihan sampah bunga kamboja. dibandingkan  dengan memulung sampah plastik dan kaleng  yang hasilnya berkisar 10 ribu- 20 ribu memulung bunga kamboja  jauh lebih menggiurkan dan tangan tetap harum.

4. Panen Raya.
 Sebelumnya tidak ada atau sangat jarang ditemui masyarakat yang memetik bunga sampai habis. Tetapi sekarang sangat banyak ditemui terutama jika  pohon kambojanya berada didepan pekarangan rumah takut bunganya jatuh  yang berserakan diambil orang, karena bunga yang berserakan identik dengan uang yang berserakkan.

5. Jadi Pengepul
Hampir setiap hari dijumpai orang yang lalu lalang membawa timbangan digital menanyakan apakah mempunyai persediaan bunga kamboja kering. Berarti telah ada lapangan kerja baru yang hasilnya menjanjikan penghidupan yang layak.

6. Rajin Berkebun
Berhubung porspeknya menjanjikan sekarang yang memiliki lahan banyak menanami lahannya dengan pohon kamboja dengan harapan dapat ikut serta menikmati rupiah dari harum bunga kamboja.

7. Senang dengan Cuaca panas
Cuaca panas dianggap sebagai anugrah yang mesti disyukuri karena menyebabkan pohon kamboja rajin berbunga dan bunganya jika dijemur cepat kering.



No comments:

Post a Comment