Friday, September 21, 2012

AIR PAYUDARA


Bermacam gambar yang dapat muncul dalam pikiran ketika melihat arca dewi yang mengeluarkan air dari payudaranya. Bagaikan ribuan anak panah yang meluncur dengan kecepatan tinggi mencari sasarannya masing-masing tergantung dari pola pikir dan sudut pandang orang yang memikirkannya.

Sebenarnya pada dasarnya arca dibuat berdasarkan hasil dari tujuan semadhi, dan agar memudahkan masyarakat maka diwujudkanlah dalam bentuk nyata sehingga hasil karya untuk mendekatkan diri dengan Hyang Kuasa dapat dipakai sarana untuk mendekatkan diri sekaligus untuk mendapatkan anugrahnya.

Salah satu simbol yang meditasi yang ditujukan kepada Dewi Laksmi adalah adanya air susu yang keluar dari payudara Ibu Dewi. Dan air susu ini biasanya diberikan kepada yang bermeditasi. Pada Umumnya jika air susunya berasal dari payudara yang sebelah kiri berarti sang dewi memberi anugrah kesehatan dan jika air susunya dari payudara kanan merupakan simbol Ibu Dewi memberikan anugrah kemakmuran.

Jadi karena sudah dipermudah oleh pendeta-pendeta dan raja raja zaman dulu dengan dibuatkan candi dengan pancurannya. Seperti yang terdapat Candi Belahan / Sumber Tetek yang terletak di lereng timur Gunung Penanggungan, tepatnya di Dusun Belahan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Maka siapa tahu anda berkunjung ke candi ini dan mendapatkan berkah dari Dewi Laksmi.

No comments:

Post a Comment