Monday, September 24, 2012

Cinta dan Kesetiaan dalam Bunga Matahari

Terasa indah kalau mengamati bunga matahari dari pagi hari hingga sore hari, Bunga Matahari yang perilakunya selalu menghadap dan mengikuti  matahari  seperti sifat gadis yang lagi jatuh cinta.  Kadang terbersit dipikiranku  apakah Bunga Matahari sedang mengajarkan  tentang arti cinta dan kesetiaan? jawaban yang sulit untuk diucapkan, dan mungkin lebih baik tersimpan didalam pikiran yang kelak jawaban tersebut akan muncul disaat beristirahat sebagai bunga tidur untuk menghiasi jiwa.

Mengenai cinta dan saling berhadapan yang menggambarkan kesetiaaan sering dituturkan oleh tetua tetua Bali yang mempelajari tentang jati diri. Ketika sepasang muda mudi yang sedang mengalami masa berpacaran, jiwanya akan terlihat berhadapan antara yang satu dengan yang lain . Hal ini  sebagai simbol bahwa pasangan tersebut saling mencintai dan  setia.

Mungkin juga Matahari dan Bunga matahari hendak menuturkan yang sama lewat bahasa alam, sehingga akan mempermudah dalam mengartikan kesetiaan dimana tidak melirik yang lainnya dan tetap fokus dengan yang dicinta hingga Matahari tenggelam disore hari  dan bunga mataharipun ikut tertunduk layu. Love until the end of times.

No comments:

Post a Comment