Saturday, October 13, 2012

Cuaca Semakin Panas, Sedikit Solusi Yang Mungkin Membantu.

Akhir-akhir ini cuaca terasa lebih panas dari biasanya. Menurut orang pintar yang berkompeten di bidang "panas memanasi" katanya sih sebut global warming alias pemanasan global akibat efek rumah kaca karena hawa panas dibumi akibat sinar matahari terkungkung di bumi tidak bisa lepas ke angkasa akibat gas yang membentuk seperti lempengan kaca yang menghalanginya keluar. Jadi semakin panas, mirip ketika berada di dalam mobil ketika siang hari dengan posisi mobil dijemur dan kaca tertutup serta tanpa AC, dipastikan seperti direbus.

Karena pemanasan global ini sudah terjadi dan susah untuk merubahnya, jadi yang gampang adalah merubah gaya hidup yang disebut beradaptasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi cuaca panas:


- Kurangi aktivitas di luar ruangan.
  Kalau tidak perlu sekali, lebih baik berada didalam ruangan sehingga tidak kepanasan apalagi kalau      ruangannya ber AC dijamin adem dan kalau belum ada AC nya bisa pakai kipas angin . Kalau terpaksa diluar ruangan carilah tempat yang teduh.

- Perbanyak Minum
  Udara yang panas akan menyebabkan berkeringat lebih banyak yang memungkinkan terjadinya dehidrasi (kekurangan cairan), untuk mencegahnya perbanyak minum air.


- Kurangi memakai Pakaian Hitam
 Pakain hitam identik dengan menyerap panas, jadi gaya berpakaian hitam seperti kesatria Baja Hitam atau Batman atau orang yang lagi berduka harap dikurangi, ntar malah kulit ikut gosong seperti warna pakaian.


-Perbanyak Pelindung
 Jika memang kebanyakan aktivitas diluar ruangan apalagi dijalan raya, kalau pakai mobil masih agak aman tapi kalau naik motor atau jalan kaki, apa boleh buat.
Solusinya perbanyak pelindung pada badan agar tidak dehidrasi dan gosong. Seperti memakai topi/helm, memakai baju lengan panjang atau jaket dan celana panjang serta alas kaki dan sarung tangan, masker pernapasan karena biasanya udara panas selalu berkawan baik dengan debu dan polusi udara, jangan lupa mengusapkan hand dan body lotion agar kelembaban kulit terjaga dan kulit tidak cepat gosong serta  keriput. Kalau perlu pakai Sun Burn atau tabir surya dan kalau perempuan biasanya memakai payung.

- Perbanyak Istiharat
kalau udara panas akan membuat  mudah capek, jadi kalau ada waktu beristiharat gunakan sebaik mungkin.


1 comment: