Saturday, December 8, 2012

Belajar Memilah dan Memilih

Mengakses situs jejering sosial memang menyenangkan. Terhubung dengan teman yang posisinya berjauhan, memberi khabar berita, membuat status di Wall maupun sekedar bermain games online dan chatt dapat dilakukan.


Banyak informasi penting didapatkan ataupun sekedar tahu khabar dari teman maupun keluarganya, baik yang berupa tulisan maupun gambar-gambar yang dibagikan.

Tapi dibalik kesenangan dan kemudahan tersebut hendaknya tidak semua dibuat terbuka hingga seperti "maaf kalau disebut telanjang". Mesti ada yang ditutupi dan tidak semua diumbar ke publik, terutama yang menyangkut keburukan.

Alangkah baiknya jika keburukan misalnya masalah keluarga, masalah cinta,  maupun masalah yang lainnya yang dibalut dengan kemarahan dengan bentuk untaian kata-kata yang kasar dan vulgar  yang notebene mencirikan belum berhasilnya mengelola permasalahan yang ada, tidak dilempar menjadi status tulisan di wall yang merupakan konsumsi publik.

Dalam kehidupan pasti ada masalah, karena masalah adalah jantung kehidupan.  Dalam tiap ritme detaknya  ada proses belajar untuk dewasa dalam mengelola masalah sehingga berbuah kesuksesan.

Jika belum menemukan pemecahannya, curhat memang dapat dipakai untuk meringankan beban yang ada.  Tetapi dalam bercurhat harus memilih orang yang dipercaya dan dianggap bisa membantu menyelesaikan persoalan atau minimal bisa menjadi pendengar yang baik ataupun pemberi motivasi.

Terlepas dari permasalahan yang ada, Jika ingin berbagi hendaklah yang baik di bagikan. Jika mempunyai masalah yang ingin dibagi hendaklah masalah tersebut sudah mempunyai jalan keluar, sehingga penyelesaiannya dapat ditiru..

Pilah-pilah mana yang baik dan mana yang buruk. Kemudian pilihlah yang terbaik diantara yang baik untuk dibagikan kepada orang lain, agar sesuatu yang  dibagikan ada manfaatnya.

No comments:

Post a Comment